Postingan

Cantik/Ganteng vs Jelek

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Pernah dengar ini kan? Atau mungkin dialami sendiri.
"kamu sih enak, cantik/ganteng , jadi mau lakuin apa aja selalu mulus, gak kayak aku".
mungkin pernah diposisi yang mengatakan, atau yang menerima kalimat itu.

Bicara soal 'cantik/ganteng' pasti semua manusia menginginkannya, karena setiap lihat orang 'cantik/ganteng' yang selalu terbesit di kepala "enak yah jadi dia, selalu jadi pusat perhatian tanpa perlu caper, apa saja yang dilakuin selalu mulus, mudah, pengen deh jadi dia". Tapi pernah tidak berpikir bahwa tidak selamanya 'cantik/ganteng' itu menyenangkan dan 'jelek' itu tidak selamanya membuat kita menderita?

Mungkin tidak semua orang mengalami hal ini;
saya pernah di bully sama orang-orang yang berwajah 'cantik', dan itu menyakitkan sekali, berdampak buruk juga sama pelajaran disekolah, sampai-sampai takut buat berteman dengan orang lain, tapi lama kelamaan saya bisa…

teralih

di temani gelapnya malam
angin mengirim sepucuk surat untukku
yang isinya menyuruhku berhenti mendamba pagi

tentu saja aku marah
tapi kali ini aku tak bisa berbuat apa-apa
hingga angin datang memelukku
membiarkan tubuhnya basah oleh air dari mataku

aku paham maksudnya tapi bukan berarti aku kuat perihal ini

namun malam datang meyakinkan
hingga aku tak lagi berteman dengan sepi

-salsa


7:50 pm 11 april, 2019

Udah Ikhlasin Aja

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Percaya tidak? Apa yang kita inginkan terkadang adalah hal yang tidak baik buat kita, malah yang tidak kita inginkan sama sekali, justru hal yang baik buat kita, buat hidup kita.

Ketika kita menginginkan sesuatu, pasti kita bakalan perjuangin apapun caranya, yah walaupun yang dihadapi adalah hal-hal yang asing, yang tidak kita temui sebelumnya. Contohnya; kita ingin masuk di universitas yang udah kita impikan dari dulu, pengen jadi salah satu mahasiswa/i dari universitas tersebut, yah pasti bakalan di usahain. Setiap hari kita udah usahain agar lulus dan menjadi mahasiswa/i dari universitas tersebut, kita udah berdoa setiap hari, setiap waktu agar hal itu terwujud, pokoknya hal itu harus terwujud apapun caranya bakalan di usahain, namun qadarallah hal itu tidak terwujud, yah pasti kita bakalan kecewa, putus asa, rasanya sia-sia selama ini dengan apa yang kita perjuangkan, pokoknya sia-sia, seolah-olah kesempatan kita telah habis. Terus…

Cara Pandang

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Banyak sekali orang-orang yang kita temui secara acak, apalagi ketika kita mulai beranjak dewasa, dan tentunya orang-orang tersebut memiliki perbedaan, perbedaan karakter contohnya.
Setiap kali kita bertemu orang baru, pasti yang pertama kali kita lihat dan nilai adalah penampilannya. Dan ketika melihat penampilan orang tersebut urak-urakkan pasti kita langsung berasumsi bahwa orang tersebut tidak baik, begitu pun sebaliknya, jika kita bertemu orang yang penampilannya rapi, enak dipandang, pasti kita pun langsung berasumsi bahwa ia orang baik.
Padahal tidak semua hal-hal buruk akan berakhir buruk, dan begitu juga hal-hal baik tidak semua akan berakhir baik.

Tidak sedikit manusia yang terlalu cepat mengambil kesimpulan terhadap suatu hal, sehingga banyak kesalahpahaman yang terjadi. Yah contohnya bertemu dengan orang baru yang penampilannya urak-urakkan, tidak enak dipandang, tubuhnya penuh dengan gambar, dan hal-hal buruk lainnya, sudah past…

Pesan baik

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
Sebagai manusia pasti kita selalu menghadapi yang namanya cobaan dalam berbagai bentuk, dan tidak sedikit manusia  yang selalu mengeluh ketika cobaan menghampirinya, contohnya saya. Hehe. Tiap kali cobaan datang, kita pasti ngomel tidak jelas, seperti bilangnya "capek lah"  atau bilangnya "ya Tuhan mengapa selalu saya?" pasti ada di setiap manusia yang mengucapkan hal itu, padahal setiap cobaan yang menghampiri kita itu belum tentu adalah cobaan yang paling berat, seharusnya kita lebih melihat ke kanan dan kiri kita, mungkin ada yang lebih berat dibanding cobaan yang kita rasakan, hanya saja orang-orang tersebut tidak memperlihatkannya karena mereka yakin dan percaya bahwa sesudah kesulitan pasti ada kemudahan. Seharusnya kita sebagai manusia yang manusia harus lebih pandai bersyukur dalam segala hal, dan harus lebih percaya bahwa rencana-Nya pasti lebih baik dan lebih indah dari yang kita rencanakan.  Memang sangat suli…