Udah Ikhlasin Aja

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Percaya tidak? Apa yang kita inginkan terkadang adalah hal yang tidak baik buat kita, malah yang tidak kita inginkan sama sekali, justru hal yang baik buat kita, buat hidup kita.

Ketika kita menginginkan sesuatu, pasti kita bakalan perjuangin apapun caranya, yah walaupun yang dihadapi adalah hal-hal yang asing, yang tidak kita temui sebelumnya. Contohnya; kita ingin masuk di universitas yang udah kita impikan dari dulu, pengen jadi salah satu mahasiswa/i dari universitas tersebut, yah pasti bakalan di usahain. Setiap hari kita udah usahain agar lulus dan menjadi mahasiswa/i dari universitas tersebut, kita udah berdoa setiap hari, setiap waktu agar hal itu terwujud, pokoknya hal itu harus terwujud apapun caranya bakalan di usahain, namun qadarallah hal itu tidak terwujud, yah pasti kita bakalan kecewa, putus asa, rasanya sia-sia selama ini dengan apa yang kita perjuangkan, pokoknya sia-sia, seolah-olah kesempatan kita telah habis. Terus kita lihat seseorang yang juga ingin masuk di universitas yang sama seperti kita, tapi dia selama ini seperti gak ada usaha apapun, santai aja, namun qadarallah dia lulus dan masuk di universitas tersebut. Yah pasti kita iri, ngomel-ngomel gak jelas sampai-sampai mengeluarkan kata-kata yang tidak seharusnya, misalnya gini "enak yah jadi dia, gak ngapa-ngapain, santai aja kerjaannya, namun lulus di universitas yang jadi impianku, kalau tau gitu mending kemarin-kemarin gak usah berjuang mati-matian, udah cape pula, yang didapat justru hasilnya nihil", yah pasti sebagian orang ada yang seperti itu. Yah maklumlah orang yang seperti itu, perasaannya lagi bercampur aduk, ada sedih, kecewa, marah, emosi yang tidak beraturan, jadi kata yang keluar dari mulut pasti asal juga kan.

Tapi pernah tidak? Kita berpikir bahwa hal itu adalah
hal yang lebih baik buat kita, buat hidup kita. Yah memang kita kecewa, hal yang kita inginkan justru tidak terwujud namun coba kita berpikir lebih jernih, lebih positif, bahwa setiap hal yang terjadi dihidup kita, ntah itu yang kita inginkan ataupun bukan, pasti ada rencana yang lebih indah yang telah disiapkan Sang Pencipta buat kita, buat hidup kita. Dan pasti tidak akan mengecewakan, percaya deh.

Coba aja kita belajar untuk lebih mengikhlaskan sesuatu yang bukan hak kita, bukan milik kita, yang bukan ditakdirkan untuk kita, pasti kalau hal itu terjadi kita bakalan bilang gini "ndapapa tidak lulus, mungkin belum rezeki, mungkin aja tahun depan, atau Allah pasti telah menyiapkan rencana yang paling indah buatku yang lebih indah dari yang selama ini saya bayangkan; kan sebaik-baiknya rencana ialah rencana-Nya", pasti kita bakalan bilang gitu.

Yah memang untuk mengikhlaskan sesuatu pasti sulit, apalagi yang sangat kita harapkan. Yah tapi kita kan tidak bisa menentang apa yang telah ditakdirkan kita, tentu kita harus belajar ikhlas. Dan ikhlas itu perlu buat kehidupan, karena dari ikhlas kita bisa belajar menerima sesuatu, belajar tabah, belajar sabar, belajar lebih bersyukur, pokoknya ikhlas perlu buat kehidupan.

Jujur saja saya lagi ditahap ini, belajar mengikhlaskan. Awalnya sulit memang menerima hal yang tidak diinginkan, namun seiring berjalannya waktu, qadarallah saya bisa melewati semuanya, berkat dukungan orang-orang sekitar tentunya juga, orang tua terutama. Dan alhamdulillah nikmatnya itu terasa sekali, yang tadinya berpikir bakalan hancur, kacau, tapi qadarallah justru malah sebaliknya, merasa lebih baik dari sebelumnya, hati lebih tenang, pokoknya indah, alhamdulillah.

Selalu ingat ini;
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”
(QS. Al Baqarah: 216).

Baik di mata manusia, belum tentu baik di mata Allah kan?:)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cantik/Ganteng vs Jelek

Pesan baik