Cantik/Ganteng vs Jelek


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Pernah dengar ini kan? Atau mungkin dialami sendiri.
"kamu sih enak, cantik/ganteng , jadi mau lakuin apa aja selalu mulus, gak kayak aku".
mungkin pernah diposisi yang mengatakan, atau yang menerima kalimat itu.

Bicara soal 'cantik/ganteng' pasti semua manusia menginginkannya, karena setiap lihat orang 'cantik/ganteng' yang selalu terbesit di kepala "enak yah jadi dia, selalu jadi pusat perhatian tanpa perlu caper, apa saja yang dilakuin selalu mulus, mudah, pengen deh jadi dia". Tapi pernah tidak berpikir bahwa tidak selamanya 'cantik/ganteng' itu menyenangkan dan 'jelek' itu tidak selamanya membuat kita menderita?

Mungkin tidak semua orang mengalami hal ini;
saya pernah di bully sama orang-orang yang berwajah 'cantik', dan itu menyakitkan sekali, berdampak buruk juga sama pelajaran disekolah, sampai-sampai takut buat berteman dengan orang lain, tapi lama kelamaan saya bisa menerima dengan semua yang terjadi karena saya yakin Allah tidak mungkin menguji saya melewati kemampuan saya dan saya percaya pasti ada hikmah dari semua ini. Terus dari kejadian itu saya sadar, ternyata 'cantik' saja tidak cukup. Percuma kalau kita memiliki wajah 'cantik/ganteng', tapi sifat kita tidak 'cantik/ganteng' seperti wajah kita. Dan saya percaya tidak semua orang 'cantik/ganteng' melakukan hal seperti yang pernah saya alami.
Tapi tidak sedikit juga orang 'cantik/ganteng' risih dengan orang-orang yang selalu memuji-muji mereka. Bisa saja di mata kita mereka bahagia sekali, namun mereka sendiri merasa tidak. Bisa saja mereka malah ingin menjadi diri kita, justru kita yang tidak ingin jadi diri sendiri.
Dan tidak sedikit pula orang-orang 'cantik/ganteng' mendapat perlakuan yang tidak sepantasnya, bahkan mendapati orang-orang yang tidak tulus pada mereka, yah karena yang dilihat hanya dari wajah. Bukan dari hati mereka.

Semua kembali lagi pada diri sendiri;
bersyukur tidak? Kalau iya, mau bagaimana pun tampangnya, tidak akan jadi masalah. Tapi kalau tidak, walau sudah melakukan berbagai cara, tetap akan jadi masalah, tidak ada kenikmatan yang di rasakan.

Allah tidak pernah membeda-bedakan hambaNya, di mataNya semua sama, mau yang 'cantik/ganteng', kaya atau kurang mampu, semua di mata Allah sama.
Always be grateful.

Jadi buat orang-orang yang merasa dirinya tidak 'cantik/ganteng', jangan minder, di mata Allah semua sama, hanya di mata manusia saja yang berbeda. Karena yang paling penting adalah 'sifat' dan 'hati'.

Selalu ingat ini;
'cantik/ganteng' tidak selalu menyenangkan dan 'jelek' tidak selalu membuat menderita.
:)


#selfreminder

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesan baik

Udah Ikhlasin Aja