Bukan Cuma Kamu Yang Tinggal Di Bumi Ini


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Maaf yah lama baru upload lagi hehe;

Jadi gini, lagi pengen sekali membahas tentang manusia-manusia yang maunya dipahami tapi tidak mau memahami, yang maunya selalu dituruti tapi tak mau mengalah, yang selalu merasa dibutuhkan padahal yang sebenarnya paling membutuhkan, entah ego yang cukup besar atau gengsi yang memang tinggi atau bahkan keduanya.

Manusia itu memang makhluk sosial, tapi bagaimana kalau manusianya tidak mengakui kalau ia makhluk sosial?
Kita semua pasti pernah seperti itu, apalagi kalau si manusianya tetap kekeh kalau ia tidak membutuhkan siapapun dan selalu merasa ia yang dibutuhkan. Ndapapa kok, kita semua pasti pernah, tapi ingat yah setiap manusia pasti memiliki karakter dan watak yang berbeda, tidak semua manusia memahami apa yang kita mau, dan manusia-manusia itu tidak bisa memahami apa yang kita rasa, karena manusia yah tetap manusia.

Misalnya nih kita ketemu orang asing, terus kita kenalan, lama kelamaan kita berteman sama orang asing ini dan berubah menjadi orang yang cukup dekat dengan kita, kita memilih dia menjadi teman kita yah karena kita nyaman, kita rasa orang ini nih selalu memahami kita, selalu ada, pokoknya menurut kita yang paling terbaik dari yang terbaik. Tapi lama kelamaan kita merasa bahwa si orang asing ini yang telah menjadi teman kita kok seperti menyakiti diri kita yah, seperti menjelek-jelekkan diri kita, bercandanya kelewatan, padahal si orang asing ini sama sekali tidak melakukan hal tersebut tapi kita merasa si orang asing ini jahat terhadap kita. Entah kita yang terlalu berlebihan dalam hal merasakan atau memang yang kita rasakan tepat. Akhirnya jadi bingung sendiri.

Ingat yah;
tidak semua manusia itu sama, tidak semua manusia bisa memahami, tidak semua yang kita inginkan yang kita butuhkan selalu menghampiri kita, manusia tidak bisa menebak atau menerawang apa yang ada dipikiran dan hati kita, manusia hanya manusia bukan robot ataupun malaikat bahkan sang pencipta.
Kita tidak bisa memaksakan manusia lainnya berbuat seperti yang kita mau, tidak bisa memaksakan manusia lainnya menjadi seperti yang kita harapkan, tidak bisa, sekeras apapun kita mencoba tetap tidak bisa memaksakan.
Kalaupun kita merasa ada manusia yang menjahati kita entah itu benar ataupun tidak, itu hak kita untuk merasakan tapi ingat manusia lainnya juga berhak untuk mengatakan ya atau tidak, kita tidak bisa menyuruh manusia itu mengakui kesalahan yang sebenarnya tidak ia lakukan, hanya karena kita merasa manusia itu salah, tidak bisa. Jangan menjadi egois, jangan selalu maunya harus dituruti, jangan selalu merasa tidak ada yang memahami padahal diri kita sendiri yang tidak mau memahami, jangan selalu merasa dibutuhkan padahal yang sebenarnya paling membutuhkan, coba buang jauh-jauh ego dan gengsi itu, coba memposisikan diri merasakan seperti manusia lainnya, dan ingat jangan hanya melihat dari satu sudut pandang, coba melihat lebih dari satu sudut pandang mungkin itu akan lebih baik, karena bukan cuma diri kita yang tinggal di bumi ini; jadi jangan seenaknya sendiri.


Tulisan ini sebagai pengingat diri diberikan untuk diri sendiri, dan untuk siapapun yang membacanya.

Terima kasih sudah mau menyempatkan diri untuk membaca hehe:)

Komentar

Posting Komentar